Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Pimpinan Komisi II Sebut Ahok Bisa Diberhentikan Tanpa Keputusan Presiden

Pimpinan Komisi II Sebut Ahok Bisa Diberhentikan Tanpa Keputusan Presiden

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Lukman Edy menyatakan dapat saja Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diberhentikan sementara dari jabatan Gubernur DKI Jakarta tanpa adanya keputusan dari Presiden.

Hal itu, kata Lukman, mampu ditempuh melalui gugatan dari pihak yg tidak sepakat dengan kebijakan pemerintah, yg ditujukan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Selian itu, menurut Lukman, mampu juga melalui permohonan putusan sela ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara yg tengah menyidangkan masalah dugaan penistaan agama yg melibatkan Ahok.

Namun, ketika ini PN Jakarta Utara melewati tahapan putusan sela dan telah masuki persidangan pemeriksaan saksi.

(Baca: Mendagri Siap Diberhentikan seandainya Keputusannya soal Status Ahok Salah)

“Jadi dapat saja dikerjakan oleh pihak yg merasa tidak sepakat dengan tak diberhentikannya Ahok melakukan beberapa hal tadi,” kata Lukman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Ia menambahkan, hal tersebut sah secara hukum karena memang permohonan putusan sela kepada pengadilan atau menggugat kebijakan pemerintah ke PTUN terkait pemberhentian Ahok yaitu hal yg sah di mata hukum.

Hal itu, kata Lukman, juga menjadi jalan tengah dari keadaan ketika ini di mana Menteri Dalam Negeri juga tetap bersikukuh buat tak memberhentikan Ahok.

“Jadi silakan saja buat pihak yg merasa tidak sepakat atau dirugikan melakukan hal tersebut. Tak ada masalah,” lanjut Lukman.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose