Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Choel Siap Bongkar Nama Lain Yang Pernah Disebut Dalam Kasus Hambalang

Choel Siap Bongkar Nama Lain Yang Pernah Disebut Dalam Kasus Hambalang

JAKARTA, KOMPAS.com — Andi Zoelkarnaen Mallarangeng alias Choel Mallarangeng mengaku bersiap membongkar pelaku yang lain yg terlibat dalam perkara korupsi proyek pembangunan, pengadaan, serta peningkatan sarana dan prasarana sekolah olahraga di Hambalang tahun 2010-2012.

Tak lama setelah ditahan, Choel mengajukan permohonan sebagai justice collaborator kepada penyidik KPK.

Dengan permohonan tersebut, Choel memiliki konsekuensi bagi memberikan informasi yg signifikan dalam pemeriksaan bagi membongkar keterlibatan pelaku yang lain dalam perkara yg ia hadapi.

(Baca: KPK: Kasus Hambalang Tak Berhenti di Choel Mallarangeng)

Saat ditanya terkait pelaku lain, Choel tak menjelaskan secara spesifik. Menurut dia, hal tersebut cuma diungkapkan kepada penyidik KPK, dan mulai dibuka dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

“Saya kira Anda telah mengikuti Hambalang dari lima tahun dahulu kan ya, telah tahu daftar siapa nama-nama yg ada di dakwaan?” ujar Choel di Gedung KPK Jakarta, Jumat (24/2/2017).

KPK sudah memutuskan adik kandung Andi Alifian Mallarangeng tersebut sebagai tersangka pada 21 Desember 2015 lalu.

Dalam masalah proyek Hambalang, Choel diduga menyalahgunakan wewenang terkait proyek tersebut.

Ia dianggap sudah memperkaya diri sendiri dan orang yang lain serta korporasi atas perbuatan yg dilakukannya.

Perkara ini yaitu perkara lama dari hasil pengembangan dugaan tindak pidana korupsi proyek Hambalang yg melibatkan kakaknya, mantan Menpora Andi Mallarangeng.

Kompas TV Komisi Pemberantasan Korupsi menahan tersangka masalah dugaan korupsi Hambalang Andi Zulkarnaen Mallarangeng atau Choel Mallarangeng. Kasus hambalang menjadi bahan kritikan antara Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo. Komisi Pemberantasan Korupsi akhirnya menahan tersangka perkara dugaan korupsi Hambalang Andi Zulkarnaen Mallarangeng. Sebelum masuk ke mobil tahanan, Choel Mallarangeng sempat menyebut sejumlah pihak yg menikmati uang proyek hambalang tahun anggaran 2010-2012.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose