Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Seorang Ibu Diminta Sebut Nama Suku Di Indonesia, Ini Maksud Jokowi

Seorang Ibu Diminta Sebut Nama Suku Di Indonesia, Ini Maksud Jokowi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sembari menyelam minum air. Begitu ungkapan yg tergambar dari pertanyaan kuis yg diberikan Presiden Joko Widodo.

Ketika berpidato dalam peluncuran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di GOR Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (23/2/2017), Jokowi memberikan pertanyaan terkait keanekaragaman Indonesia kepada seorang ibu bernama Lena.

“Indonesia ini terdiri dari beragam suku, agama dan bahasa. Ada 1.100 bahasa daerah, ada 700 lebih suku. Sebut tiga saja suku yg ada di Indonesia,” tutur Jokowi.

Setelah dua detik berpikir, Lena yg yaitu warga Bekasi Timur kemudian menjawab dengan lancar.

“Suku Batak, Suku Sunda dan Suku Jawa,” kata dia.

“Ya, betul,” ujar Jokowi.

Tepuk tangan dan sorak-sorai para tamu undangan memenuhi arena GOR tersebut.

Rupanya, Jokowi memiliki maksud tersendiri atas pertanyaannya itu. Jokowi kemudian mengingatkan bahwa karakter Indonesia memang majemuk dan beragam.

“Kita ini tak seperti negara yang lain yg sesuatu negara sesuatu suku. Indonesia ini ada 700 suku. Ada suku Sasak, Minang, Gayo, Madura, Dayak, Bugis,” ujar Jokowi.

“Tapi Alhamdulillah kalian dapat hidup rukun, damai, saling beriringan dengan tetangga yg berbeda suku. Inilah negara Kita Indonesia yg memiliki Pancasila,” kata dia.

Lena yg masih berada di samping Jokowi tampak mengangguk-anggukan kepala.

Sekitar seribu tamu undangan yg hadir di GOR tersebut juga bertepuk tangan mendengar kalimat terakhir Presiden Jokowi.

Kompas TV Setelah membuat video blog di tengah kesibukannya Presiden Joko Widodo membuka kesempatan bertanya dengan mengirimkan video melalui media sosial. Anda harus berusia 13-20 tahun. Durasi video yg dikirim maksimal 30 detik dengan sesuatu pertanyaan. Pengiriman dikerjakan akan 18 Februari 2017 dan mulai di tutup pada 25 Februari 2017.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose