Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

AMD Resmi Rilis Prosesor Ryzen, Punya Kinerja Tak Terduga

AMD Resmi Rilis Prosesor Ryzen, Punya Kinerja Tak Terduga

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com – Advanced Micro Devices (AMD) resmi mengumumkan prosesor terbarunya, Ryzen. Seri ini mampu dikatakan sebagai sebuah come back buat AMD yg sudah lama tak launching prosesor dekstop dengan arsitektur baru.

CEO and President of AMD Lisa Su, dalam acara Ryzen Tech Day di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (21/2/2017) menyampaikan bahwa Ryzen dibuat berdasarkan arsitektur Zen. Arsitektur tersebut yaitu teknologi baru buatan AMD dan perdana digunakan dalam prosesor Ryzen.

“Kami mengumpulkan banyak hal dan teknisi bagi dapat menciptakan prosesor dengan kinerja tingkat tinggi (high performance). Hingga akhirnya, ketika ini dengan bangga kita perkenalkan Ryzen,” ujar Lisa.

Wanita yang berasal Taiwan ini menyampaikan bahwa upaya perusahaan mengembangkan Ryzen membuahkan hasil yg tak terduga. Sebelumnya perusahaan sudah sepakat bahwa peningkatan kinerja prosesor yg memakai arsitektur Zen bakal meningkat hingga 40 persen. Tapi kenyataannya, kinerja Ryzen justru lebih tinggi.

“Semula kita target kenaikan kinerja atau instruction per clock (IPC) 40 persen dan banyak yg bilang kita tak mulai dapat melakukannya. Ternyata Ryzen justru melebihi target itu. Kinerja atau IPC Ryzen memperlihatkan peningkatan hingga 52 persen,” tuturnya.

Ryzen sendiri yaitu prosesor yg terdiri dari dua tipe. Untuk ketika ini, menurut Lisa, AMD merilis seri Ryzen 7 yg terdiri dari tiga tipe, yakni 1800X, 1700X, dan 1700.

Dari ketiganya, tipe terkuat adalah Ryzen 7 1800x yg memiliki 8 core, 16 thread serta berlari di kecepatan dasar 3,6 GHz. Lisa bahkan menjanjikan bahwa tipe ini jauh lebih unggul ketimbang prosesor mutakhir Intel Core i7 6900K.

“Ini (seri 1800x) memang lebih cepat 5-9 persen dibanding Intel 6900K. Saya mampu bilang (Ryzen) ini yaitu tercepat di pasar ketika ini,” kata Lisa.

Rencananya, AMD mulai akan menjual ketiga tipe prosesor Ryzen 7 itu pada Maret mendatang. Sedangkan pemesanannya telah dapat dikerjakan akan Rabu (22/2/2017) ini. AMD bekerja sama dengan sekitar 180 peritel dunia dan boutique OEM.

Sumber: http://tekno.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose