Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Kandidat Oscar Asal Suriah Tak Bisa Hadir Karena Masalah Paspor

Kandidat Oscar Asal Suriah Tak Bisa Hadir Karena Masalah Paspor

Jakarta (ANTARA News) – Juru kamera dan petugas penyelamat yg film dokumenternya tentang kelompok pertahanan sipil “White Helmets” diunggulkan dalam Oscar tak mulai menghadiri acara penghargaanini karena Damaskus sudah membatalkan paspornya.

White Helmets mengoperasikan layanan penyelamatan di bagian yg dikuasai pemberontak Suriah, yg mengalami pemboman oleh pemerintah dan angkatan udara Rusia selama perang saudara yg sudah meluluhlantakkan semua kota dan kabupaten di negara itu.

Film mereka, yg masuk kategori film pendek dokumenter terbaik Oscar, memberikan gambaran singkat kehidupan sehari-hari para relawan.

(Baca juga: Daftar nominasi Oscar 2017)

Pemerintah Suriah di bawah Presiden Bashar al-Assad menyebut kelompok ini menjadi pendukung Alqaeda dan menyembunyikan bukti serangan udara yg dikerjakan buat propaganda, White Helmets menyangkal tuduhan ini.

Dua dari petugas penyelamat, pemimpin mereka Raed Saleh dan Khaled Khatib, yg yaitu juru kamera, diberi visa oleh Amerika Serikat bagi mengunjungi negara itu buat menghadiri perhelatan Oscar di Los Angeles pada Minggu malam atau Senin pagi waktu Indonesia bagian barat (WIB).

Namun, dalam pernyataannya, Minggu, White Helmets menyampaikan bahwa Saleh tak mampu meninggalkan pekerjaannya karena tingginya intensitas serangan udara, sementara Khatib tak dapat hadir karena pemerintah Suriah sudah membatalkan paspornya.

“Pertahanan sipil Suriah bersyukur kepada platform film “The White Helmets” itu karena sudah mengatakan pesan kemanusiaan mereka kepada segala dunia,” tulis pernyataan tersebut seperti dilaporkan Reuters.

Penerjemah: Arindra Meodia

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose