Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Tren Skuter Listrik Di Taiwan Bisa Dicontoh Indonesia

Tren Skuter Listrik Di Taiwan Bisa Dicontoh Indonesia

Taipei, KompasOtomotif — Popularitas skuter listrik melonjak di Taiwan, didorong oleh subsidi yg diberikan pemerintah dan perkembangan yg baik dari sisi kreativitas. Beberapa pihak melihat, motor listrik diperkirakan bakal menjadi ekspor besar berikutnya dari Taiwan.

Mengutip Nikkei, Jumat (24/2/2017), tercatat ada 20.915 skuter listrik baru terdaftar pada 2016, atau hampir beberapa kali lipat dari jumlah 2015. Konsumen tertarik karena subsidi pemerintah, bersama dengan inovasi sistem pertukaran baterai cepat dan nyaman, yg dirancang oleh startup lokal.

Model motor listrik menyumbang 2,5 persen dari seluruh pendaftaran skuter pada 2016. Pada tanggal 6 Februari, Menteri Perekonomian Taiwan Lee Chih-kung menyelenggarakan acara buat merayakan promosi sukses dari teknologi ini.

Di sela-sela acara, Lee Chih-kung mengumumkan target penjualan yg ambisius, dari 40.000 skuter listrik bagi 2017 hingga 200.000 buat 2021. Sebagai perbandingan, di Jepang, cuma sekitar 5.000 kendaraan listrik roda beberapa terjual setiap tahun, dengan penduduk yg 5,5 kali lebih besar, menurut Fuji Chimera Research Institute.

Konsep “battery swap”

Terlepas dari subsidi, permintaan motor listrik yg besar di Taiwan juga karena perusahaan startup Gogoro. Mereka akan memasarkan skuter elektrik di Taiwan pada Juni 2015, dan memperkenalkan konsep sistem pertukaran baterai (battery swap).

Jadi pemilik skuter listrik yg baterainya telah habis tak perlu melakukan pengecasan, cuma tinggal menukar dengan yg telah penuh di stasiun pertukaran. Konsep ini dapat dikatakan sama dengan konsep pembelian botol air mineral atau tabung gas buat kompor.

Gogoro telah menyediakan 290 stasiun penukaran, di mana jumlah ini melebihi stasun pengisian bahan bakar di Taipei. Sekitar 10.000 baterai dipertukarkan setiap harinya.

Belajar dari konsep yg diterapkan di Taiwan, bukan tak mungkin Indonesia mampu menerapkan hal serupa dan akan mengembangkan kendaraan roda beberapa listrik. Terlebih lagi, ketika ini telah ada calon skuter listrik nasional Gesits yg bersiap memenuhi permintaan tersebut.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose