Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

KBRI Kopenhagen Promosikan Wisata Indonesia

KBRI Kopenhagen Promosikan Wisata Indonesia

Jakarta (ANTARA News) – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kopenhagen berupaya bagi mempromosikan pariwisata Indonesia dengan turut serta dalam Danish Travel Show di MCH Messecenter, Herning, Denmark, pada tanggal 24-26 Februari 2017.

Duta Besar RI bagi Kerajaan Denmark dan merangkap Republik Lithuania Muhammad Ibnu Said dalam informasi tertulis yg diterima di Jakarta, Senin menyampaikan bahwa keikutsertaan Indonesia dalam pameran tersebut yaitu bagian dari upaya bagi mempromosikan wisata Indonesia buat pasar-pasar nontradisional.

“Keikutsertaan ini yaitu bagian dari upaya mempromosikan Indonesia di pasar nontradisional yg diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari Denmark dan juga negara-negara Skandinavia lainnya ke Indonesia,” kata Ibnu.

Kunjungan wisatawan Denmark ke Indonesia kurang lebih sebanyak 30 ribu orang dan secara keseluruhan mencapai 120 orang yg berasal dari kawasan Skandinavia. Tujuan destinasi wisata yg diminati oleh wisatawan yang berasal Skandinavia tersebut antara yang lain adalah Bali, Lombok, Jawa, dan Sumatera.

Selain melakukan promosi wisata, KBRI Kopenhagen juga melakukan promosi kuliner Indonesia yg sudah banyak dikenal di dunia, seperti nasi goreng, mi goreng, rendang, dan kopi Indonesia. KBRI Kopenhagen juga menghadirkan para pelaku usaha seperti importir yang berasal Denmark, dan koki yg berasal dari Indonesia.

Keterlibatan para pelaku usaha tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesepakatan antara pelaku usaha, mendorong penjualan paket-paket perjalanan, dan memperluas jaringan kerja sama dengan kalangan setempat.

Danish Travel Show yaitu pameran wisata tahunan terbesar di kawasan Skandinavia yg diikuti sekitar 1.000 peserta dari 42 negara, dan dihadiri lebih dari 65.000 pengunjung yg berasal dari Denmark dan negara lainnya di kawasan.

Tercatat, pada 2016, pameran tersebut dihadiri kurang lebih sebanyak 4.000 kalangan pebisnis pariwisata dan diikuti oleh 1.196 exhibitors dari 51 negara, 11 maskapai penerbangan dan 80 travel agencies atau tour operators.

Danish Travel Show 2017 secara resmi dibuka oleh CEO MCH Messecenter dan dihadiri oleh para peserta pameran, pelaku usaha wisata Denmark dan mancanegara serta pada Duta Besar Negara Sahabat.

Selain promosi potensi wisata internasional, pameran dimaksud juga menampilkan kegiatan dan pameran bertemakan Danish Golf Show, Camping Outdoor dan Danish Holiday. Seluruh kegiatan tersebut mengambil tempat di Messecenter Herning (MCH) yg yaitu exhibition center terbesar di Denmark dengan 14 exhibition hall seluas 66.000 meter persegi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), secara kumulatif, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia selama tahun 2016 mencapai 11,52 juta kunjungan atau naik 10,69 persen dibandingkan jumlah kunjungan wisman pada periode yg sama tahun sebelumnya yg berjumlah 10,41 juta kunjungan.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tersebut, mengalami lonjakan pada Desember 2016 sebesar 12,85 persen dibanding bulan yg sama tahun sebelumnya. Tercatat jumlah kunjungan dari 986,5 ribu kunjungan menjadi 1,11 juta kunjungan. Begitu pula, seandainya dibandingkan dengan November 2016, mengalami kenaikan sebesar 11,07 persen.

Dari sebanyak 1,11 juta kunjungan pada Desember 2016 tersebut, masih didominasi oleh wisatawan mancanegara berkebangsaan Singapura sebesar 16,95 persen, Malaysia 13,97 persen, Republik Rakyat Tiongkok (RRT)11,07 persen, Australia 9,96 persen dan India 4,18 persen.

Editor: Ida Nurcahyani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose