Sunday , August 20 2017
Topik Terhangat

Jimmy Kimmel Sentil Trump Berulang-ulang Di Oscar

Jimmy Kimmel Sentil Trump Berulang ulang Di Oscar

Jakarta (ANTARA News) – Menjadi tuan rumah Oscar buat pertama kalinya, Jimmy Kimmel membawa nama Presiden AS Donald Trump pada Academy Awards ke-89, Minggu malam waktu setempat, dengan mengolok-olok kekacauan politik yg tengah bergejolak di Amerika Serikat dan dunia sejak mantan bintang reality show itu menjabat orang nomor sesuatu di AS.

Selain serangkaian lelucon yg digencarkan selama acara yg disiarkan secara segera di televisi itu tentang teman lama Kimmel, aktor Matt Damon, presiden AS ke-45 itu terbukti menjadi bahan favorit Kimmel.

Dengan ciri khas intonasi dan wajah datar serta sinistis, komentar sosial Kimmel ini tepat sasaran namun tetap tertahan, dan dia juga memakai sedikit waktu membicarakan buat kehebohan politik yg sudah berulang begitu besar selama musim penghargaan Hollywood.

“Siaran ini ditonton secara segera oleh jutaan warga Amerika, dan semua dunia di lebih dari 225 negara yg sekarang membenci kami, dan aku pikir itu menakjubkan,” host acara televisi itu menyerukan hal itu tidak lama setelah dia melangkahkan kaki ke gedung Dolby Theatre di Hollywood.

Tidak kehilangan kata-kata bagi turut menyatukan negara yg terpecah belah, Kimmel mendesak pemirsa bersatu sebagai orang Amerika, bukan sebagai orang liberal atau konservatif.

“Jika kami segala dapat melakukan itu, kalian mampu membuat Amerika besar lagi,” kata dia, menyindir slogan kampanye Trump “Make America Great Again.”

Kimmel juga menyindir kekurangan Motion Picure Academy sambil mengkritik presiden di mana Oscar dirasa kurang sensitif terhadap ras.

“Saya ingin mengatakan, ‘Terima kasih, Presiden Trump’,” kata dia. “Maksud saya, ingat tahun dahulu saat Oscar menjadi rasis?” tanya dia retoris merujuk kontroversi #OscarsSoWhite yg merundung Academy Awards 2016.

Lelucon ini disambut tawa hangat dan tepuk tangan penonton bertabur bintang yg mengamini kesetaraan ras pada ajang ini setelah beberapa tahun berturut-turut tampaknya tertutup buat kulit “berwarna”.

Kimmel menutup monolognya dengan penghormatan kepada kandidat Oscar Meryl Streep yg mengkritik keras kebijakan Trump di Golden Globe Awards pada Januari dahulu yg memicu kemarahan Trump di Twitter bagi menyebut Streep “salah sesuatu aktris yg lebay di Hollywood.”

“Dari karya dia yg biasa-biasa saja di “The Deer Hunter” dan “Out of Africa” hingga penampilannya yg mengecewakan dalam “Kramer vs. Kramer” dan “Sophie’s Choice”, Meryl Streep sudah ditelepon lebih dari 50 film selama karir dia yg bersemangat,” kata Kimmel.

Kimmel kemudian menyampaikan Streep merayakan nominasi Oscar-nya yg ke-20 dengan masuk kategori aktris terbaik lewat  “Florence Foster Jenkins” — sebelum meminta penonton “memberikan tepuk tangan” kepada “Meryl Streep yg lebay”. Dan, Streep mendapat tepuk tangan meriah.

Live-tweet kepada Trump

Pada malam hari, Kimmel melanjutkan tema Streep-Trump dengan mengeluarkan cuit kepada presiden AS itu, “Hey @realDonaldTrump u up? … #Merylsayhi.”

Menyinggung konfrontasi Trump dengan wartawan Gedung Putih, Kimmel berseloroh agar wartawan dari dua media bagi meninggalkan gedung itu. “Kita tak menoleransi berita palsu. Kami suka kulit coklat karena berjemur yg palsu, tetapi tak bagi berita palsu.”

Atmosfer politik akan sirna setelah tarian pembukaan yg dipimpin Justin Timberlake dengan lagu nominasi Oscar “Can’t Stop the Feeling” dari film animasi “Troll”.

Penampilan tersebut membawa penonton menari. Ketika mereka kembali duduk, Timberlake menyambut Kimmel keluar panggung.

“Oh, bagus, aku mendapat sitting ovation,” kata dia datar. Kemudian, dia kembali mencela dirinya sendiri. Dia menambahkan: “Ini adalah pertama kalinya aku di sini, dan yg Anda lakukan kepada para host, mungkin ini menjadi yg terakhir untuk saya.”

Namun penampilan Kimmel kemungkinanan mulai diingat karena kekacauan yg terjadi di panggung Oscar ketika pengumuman “Moonlight” sebagai film terbaik di penghujung acara. Kesalahan yg belum pernah terjadi sebelumnya dalam ajang Oscar di mana “La La Land” keliru diumumkan sebagai pemenang.

“Sayalah yg bersalah bagi hal ini,” sela Kimmel. “Aku tahu mulai mengacaukan acara ini.”

Kimmel (49) ditunjuk bagi memandu acara Oscar setelah beberapa kali memandu Emmy Awards 2015 dan 2016.

Pemandu acara ABC “Jimmy Kimmel Live!” selama 14 tahun itu, menjadi host acara siaran televisi larut malam ketiga yg memimpin acara penghargaan tertinggi Hollywood itu, mengikuti jejak Johny Carson host “The Tonight Show” NBC dan David Letterman host “Late Show” CBS, demikian Reuters.

Penerjemah: Arindra Meodia

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose