Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Persiapkan Kunjungan Raja Salman, Presiden Rapat Berjam-jam

Persiapkan Kunjungan Raja Salman, Presiden Rapat Berjam jam

JAKARTA, KOMPAS.com – Rapat antara Presiden Joko Widodo dengan sejumlah menteri terkait persiapan kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud, berlangsung lama, hingga dua jam.

Pengamatan Kompas.com, Senin (27/2/2017), Presiden Jokowi memanggil sesuatu per sesuatu menterinya sejak siang.

Menteri pertama yg dipanggil yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Setelah itu menyusul Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Setelah selesai meeting dengan Jonan dan Budi Karya, giliran Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yg pertemuan bersama Presiden Jokowi.

Rapat dengan beberapa menteri terakhir inilah yg berlangsung paling lama, yakni dari sore hingga sekitar pukul 20.00 WIB.

Ditanya seusai meeting berjam-jam dengan Presiden, Menlu Retno menegaskan, topik meeting kali ini adalah terkait persiapan kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi yg rencananya mulai digelar pada 1 hingga 4 Maret 2017.

“Kami tadi secara segera berdiskusi dengan Bapak Presiden tentang dua hal terkait persiapan. Detailnya kalian sampaikan semuanya. Baik yg bersifat substansif atau yg non substansif,” ujar Retno di Kompleks Istana Presiden, Senin (27/2/2017).

“Intinya persiapannya telah 90 persen lebih. Tinggal hal-hal kecil yg memang cuma dapat kita selesaikan pada hari H-nya,” kata dia.

Retno menegaskan, pemerintah pada dasarnya telah terbiasa menerima kunjungan kenegaraan semacam ini.

Hanya saja kunjungan Raja Arab Saudi ini cukup bersejarah lantaran kunjungan terakhir dilaksanakan pada 47 tahun dulu sehingga memang mesti dipersiapkan secara matang.

“Sebenarnya ini bukan yg pertama kali kita lakukan. Kunjungan para pemimpin dunia ke Indonesia itu persiapannya seperti persiapan yg biasa kalian lakukan, akan dari persoalan keamanan, substansi atau nonsubstansi, itu segala ada prosedurnya,” ujar dia.

Retno berharap kunjungan bersejarah itu berjalan dengan lancar dan aman.

Kompas TV Antusiasme menyambut Raja Salman dari Arab Saudi telah kelihatan di gedung DPR. Sejumlah persiapan di ruang meeting Dewan Perwakilan Rakyat selalu dikebut oleh para pekerja. Diprediksi proses persiapan mulai selesai dalam sesuatu hari ke depan. Persiapan ini dikerjakan mengingat Raja Salman mulai melakukan sejumlah agenda di gedung DPR. Selain bertemu Presiden Joko Widodo dan mengunjungi gedung DPR, Raja Salman juga direncanakan mulai berkunjung ke Pulau Bali bagi berlibur selama 5 hari, dari 4 hingga 9 Februari 2017. Meski ada rombongan kerajaan Arab Saudi, Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyatakan tak ada penutupan area khusus atau pun sterilisasi, agar wisatawan yang lain tak merasa terganggu. Hubungan Indonesia dengan Arab Saudi selama ini masih terjaga dengan baik. Selain kunjungan kenegaraan, kedatangan Raja Salman ke Indonesia kali ini juga membawa investasi 94 triliunan rupiah.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose