Tuesday , August 22 2017
Topik Terhangat

Aliansi Mistubishi-Nissan Mulai Menjalar Ke Pikap

Aliansi Mistubishi Nissan Mulai Menjalar Ke Pikap

Geneva, KompasOtomotif – Selain bakal berbagi platform model multi purpose vehicle (MPV) bagi Nissan, Mitsubishi sedang dalam proses studi terkait join fasilitas produk pikap, yg diproduksi di wilayah Asia Tenggara, mengutip Reuters, Minggu (12/3/2017).

Kelompok produsen Jepang ini mulai menyatukan dasar-dasar teknis dan produksi, di mana produk hasilnya, bakal menggusur Nissan Navara dan Mitsubishi Triton yg dibuat di Thailand. Ini seperti dikatakan Chief Operating Officer Mitsubishi Trevor Mann, saat diwawancarai di pameran mobil Geneva.

“Jika Anda melihat biaya kinerja kita di daerah itu, kalian (Mitsubishi) menjadi patokan di dalam aliansi (Nissan-Mitsubishi). Di mana teknologi four-by-four dan biaya produksi pikap kami, lebih baik seandainya dibanding Nissan,” ujar Mann.

Saat ini, Nissan dan Mitsubishi memproduksi basis sasis pikap dan mobil penumpang pada jalur produksi yg berbeda di Thailand, atau masih dalam formasi semula (sebelum beraliansi). Mann menuturkan, strategi baru ini, berpotensi membuat pabrik Mitsubishi cuma fokus pada model pikap, sementara Nissan memproduksi SUV dan model penumpang lainnya.

Bukan tak mungkin, kata Mann, kolaborasi ini mulai meluas ke wilayah lain, di mana Nissan dan Mitsubishi memiliki pabrik, seperti Indonesia dan Filipina. Namun, nampaknya buat pikap, bakal tetap berada di Thailand, di mana penjualannya berkontribusi 40 persen.

Model Nissan Navara dan Mitsubishi Triton yg ada ketika ini, meluncur pada 2014 dulu dan kemungkinan tak mulai mengalami penggantian sebelum 2022. Ini mampu menjelaskan, kalau keputusan pengembangan dan produksi bersama, baru diketuk palu beberapa tahun lagi, atau bahkan lebih.

Di Indonesia, Mitsubishi bakal memproduksi MPV bagi Nissan, di fasilitas produksi baru punya Mitsubishi di Delta Mas, Cikarang. Model mobil multiguna 7-penumpang tersebut, wujudnya mulai mirip-mirip dengan XM Concept yg telah dipamerkan Mitsubishi Agustus 2016 lalu, dan menantang  kolaborasi yang lain seperti salah satunya Avanza-Xenia.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose