Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Menjaga Anak Dari Kuman Yang Berevolusi

Jakarta (ANTARA News) – Perubahan gaya hidup membuat kuman berevolusi menjadi semakin kuat, sebaliknya manusia menjadi lebih rentan terkena penyakit.

Dokter spesialis anak Ariani Dewi Widodo menjelaskan salah sesuatu alasan kuman berevolusi menjadi lebih kuat diakibatkan penggunaan antibiotik yg tak tepat. 

“Misalnya tak menghabiskan sesuai dosis yg diberikan karena merasa kondisinya telah membaik,” kata Ariani pada Lifebuoy ActivSilver Formula, di Jakarta, Selasa. 
Akibatnya, kuman yg seharusnya mati diserang “tentara antibiotik” justru menjadi kebal sehingga penyakit semakin lama sembuh. 

Ia mengingatkan kepada orangtua bagi terus bertanya mana obat yg wajib dihabiskan bila membawa anak berobat ke dokter. 

“Pada sisi lain, manusia juga semakin lemah daya tahan tubuhnya karena perubahan gaya hidup,” imbuh dia. 

Dari sisi nutrisi, asupan makanan masa kini  yang lazim mengandung zat pengawet menjadi salah sesuatu alasan daya tahan manusia modern semakin menurun. 

Orangtua harus menyediakan makanan yg tinggi nutrisi demi menjaga daya tahan tubuh sang buah hati dari ancaman kuman dan virus yg ada di sekitar. 
Perkembangan pesat teknologi juga membuat manusia lebih jarang bergerak dan berolahraga karena dimudahkan dengan seluruh fasilitas.

Zaman dulu, banyak anak-anak yg berangkat ke sekolah tanpa diantar. Ada yg berjalan kaki bila jaraknya dekat dari rumah, ada pula yg naik kendaraan umum. 

Saat ini telah lazim mengantar anak hingga ke sekolah, bahkan ada yg sampai memanjakan dengan membawakan tas punya si anak hingga ke kelas. Biarkan anak bergerak dengan berjalan sendiri ke kelasnya sambil mencangklong ranselnya.

Di rumah, orangtua juga mampu mengajarkan  anak buat mandiri dengan tak mengandalkan semua satu pada orang lain, misalnya buat hal sepele seperti mengambil air minum. 
Kemudian, biasakan gaya hidup sehat seperti  mencuci tangan. Ia menambahkan frekuensinya dapat lebih kadang bila ada orang terdekat yg sedang sakit. 

Senior Brand Manager Lifeboy PT Unilever Indonesia Tbk, Evan Rickyanto, mengatakan, berdasarkan survei yg dikerjakan oleh Lifebuoy kepada 300 orang ibu di semua Indonesia, tujuh dari 10 ibu setuju bahwa kuman yg kian beragam dan pertahanan tubuh yg lemah adalah penyebab anak lebih tidak jarang sakit dibandingkan saat mereka kecil dulu. 

Oleh karena itu, bagi melindungi anak dari kuman penyebab penyakit, 92 persen ibu menerapkan kebiasaan pola hidup bersih dan sehat merupakan mandi teratur dan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Terobosan terbaru yg dihadirkan Lifebuoy adalah ActivSilver Formula yg dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi kuman penyebab penyakit yg berevolusi semakin kuat. Silver dipilih karena sudah lama dikenal sebagai antibakteri yg efektif serta banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: (Orangtua tidak perlu terlalu protektif pada anak menurut dokter)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose