Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Puluhan Penenun Ikut Ramaikan Parade 1001 Kuda Sandelwood

Puluhan Penenun Ikut Ramaikan Parade 1001 Kuda Sandelwood

Waikabubak, Sumba Barat (ANTARA News)- Sekitar 20 pembuat tenun ikat dan tenun biasa dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Sumba Barat pada Sabtu pagi telah berdatangan ke Stadion Manda Elu, Waikabubak, bagi meramaikan Parade 1001 Kuda Sandelwood.

Di antara para penenun yg tiba naik dua truk dari kecamatan-kecamatan di Sumba Barat itu ada Katrina dari Desa Tematana, Kecamatan Loli.

“Kami telah ada di sini sejak pukul 08.00,” kata Katrina, yg sedang mempersiapkan alat tenun di Stadion Manda Elu.

Ia tiba bersama 15 penenun yang lain dan mulai membuat tenun Labaleko, kain tenun dari benang biasa yg telah diwarnai.

Katrina dan penenun yg yang lain sengaja membawa kain tenun yg belum selesai, supaya mampu memperlihatkan cara membuat kain tenun Sumba kepada para pengunjung.

Sementara Rambu Lucia dari Kecamatan Lamboya membawa peralatan serta kain tenun ikat khas Sumba Barat yg dibuat dari benang yg dipintal sendiri dari kapas dan diwarnai memakai pewarna alami.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Sumba Barat Meti Dapawole Monteiro sebelumnya menyampaikan mulai mengerahkan kurang lebih 150 penenun bagi menyemarakkan Parade 1001 Kuda Sandelwood.

“Kita telah siapkan kurang lebih 150 penenun dari setiap kecamatan di kabupaten ini,” katanya, menambahkan bahwa para penenun mulai menempati area khusus di Manda Elu.

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose